Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023, Disusul Vinales dan Fabio Quartararo

headline, Olahraga55 Dilihat

MANDALIKA – Francesco Bagnaia berhasil meraih kemenangan dalam balapan penuh drama di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati itu mengalahkan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di garis finis.

Balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu sempat dipimpin oleh Jorge Martin. Pembalap Pramac Ducati itu tampil luar biasa di awal dan menunjukkan start yang sangat cepat. Dari posisi keenam, Martin langsung gas pol hingga memimpin di tikungan pertama.

Start luar biasa juga diperlihatkan Francesco Bagnaia. Start dari posisi 13, Pecco langsung naik tujuh posisi di lap pertama hingga berada di posisi enam.

Bagnaia kemudian sudah ada di posisi ketiga pada lap ketiga. Di lap ketiga pula drama terjadi saat Luca Marini ditabrak Brad Binder hingga terjatuh. Pebalap KTM itu akhirnya terkena long lap penalty.

Memasuki lap delapan, nasip sial dialami Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan 13 dan gagal finis. Marquez juga sebelumnya gagal finis di Sprint Race MotoGP Mandalika karena jatuh di lap pertama.

Keunggulan Martin atas Vinales memasuki lap 10 sudah mencapai 2,4 detik. Satu lap kemudian Brad Binder kembali mendapat long lap penalty setelah menabrak Miguel Oliveira hingga bagian sayap depan patah.

Drama utama MotoGP Mandalika 2023 terjadi pada lap ke-13. Martin, yang sedang unggul 3 detik atas Maverick Vinales di depan, terjatuh di tikungan 11. Pembalap asal Spanyol itu terlihat terkejut telah melakukan kesalahan meski tanpa tekanan.

Kondisi tersebut sangat menguntungkan Bagnaia. Pembalap Ducati itu langsung menyalip Vinales di lap ke-17 untuk memimpin balapan. Bagnaia kemudian mampu menjaga jarak dengan Vinales hingga akhir balapan, dan menjadi pemenang MotoGP Mandalika 2023. (*)

 

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *